Kamis, 27 Desember 2007

Perayaan Natal Berlangsung Aman dan Tertib

* Setiap Gereja Mendapat Pengamanan Polisi
KARIMUN EXPOSE - Perayaan Natal untuk umat kristiani yang serentak dilaksanakan hari ini, Senin (25/12) berjalan dengan aman tertib dan kondusif. Setiap Gereja yang menjadi tempat pelaksanaan perayaan natal mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian, sedikitnya 15 personil untuk setiap gereja yang melaksanakan perayaan natal.
Beberapa gereja yang merupakan pusat pastoral di Karimun seperti gereja HKBP, dan gereja Anto Yosep yang melaksanakan kebaktian perayaan Natal dipadati oleh ribuan umat kristiani di Kabupaten Karimun.
di Gereja Santo Yosep, yang merupakan pusat paroki umat katholik se kabupaten Karimun sekitar 1500 umat kristiani melaksanakan perayaan natal tersebut dengan hidmat. Natal dirayakan dalam dua tahapan Senin (24/12) yang digelar dua kali, masing-masing pada pukul 18.00 dan 22.00 Wib, dan Natal pagi, Selasa (25/12) pada pukul 09.00 Wib. dengan mendengarkan pesan-pesan pastoral dari uskup yang memimpin perayaan tersebut, dengan mengangkat tema " merayakan natal yang damai bersama kelauarga Nazareth".
Ketua Panitia Perayaan Natal Gereja Santo Yosep Karimun, Carolus, kepada wartawan mengatakan pesan pastoral yang mengangkat tentang kebahagiaan dalam perayaan Natal yang membawa damai dan sukacita, berharap semangat Natal kiranya turut mendorong umat Kristiani untuk menciptakan kedamaian dimanapun dia berada.
masih menurut Carolus, dengan tujuan tersebut pihak Paroki Kabupaten Karimun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Karimun yang memberikan kesempatan untuk melaksanakan perayaan natal, juga terima kasih kepada pihak kepolisian reseor Karimun yang memberikan pengamanan untuk pelaksanaan perayaan ini.
"Sesuai dengan tema Natal tahun 2007, yaitu Merayakan Natal yang Damai Bersama Keluarga Nazareth, maka umat Kristiani juga dituntut untuk ikut memajukan bangsa dan negaranya, pesan ini merupakan penyampaian yang disampaikan oleh keuskupan di Vatikan beberapa waktu lalu," kata Carolus.
Sementara itu, Pengamanan di Gereja Santo Yosep cukup ketat. Turut membantu aparat Polres Karimun dan masyarakat adat setempat, Seluruh bawaannya diperiksa secara ketat. Semua itu untuk mengantisipasi adanya hal atau pihak yang ingin mengacaukan perayaan.
Sebagai pihak pengamanan pihak kepolisian resor Karimun yang dibawa koordinator Kabag Ops Polres Karimun AKP Danu Waspodo, melaksanakan pengamanan sesuai dengan arahan Kapores beberapa waktu lalu.
"Kita mengerahkan seluruh personil kepolisian untuk melakukan pengamanan ini, sekitar 230 personil dari berbagai satuan di tempatkan di berbegai gereja dengan minimal 15 personil untuk tiap geraja," kata Danu. (poenk)

Tidak ada komentar: