Rabu, 04 Juni 2008

Pelatihan Kehumasan Bagi Para Tokoh

*Mewujudkan Masyarakat yang Informatif

KARIMUN EXPOSE – Guna mewujudkan masyarakat yang informative serta dalam rangka mensosialisasikan peran hubungan masyarakat, di lingkungan masyarakat. Pemkab Karimun melalui bagian Humas dan Infokom Setkab Karimun, menyelengarakan pelatihankehumasan bagi tokoh agama, masyarakat dan pemuda se Kabupaten Karimun, Rabu (14/5)

Kegiatan ini merupakan bentuk pembelajaran kepada masyarakat, tentang fungsi humas bagi masyarakat. minimal tahu tentang informasi yang terjadi di daerahnya. Terkadang masyarakat menemukan dan mengetahui informasi yang tidak beres tapi merasa tidak dapat menyampaikannya karena ada sesuatu yang mengganjalnya.

Amin Binsar Manihuruk, Peneliti Madya Komunikasi pada Litbang Depkominfo RI menghimbau, masyarakat atau yang dianggap tokoh, untuk tidak sungkan menyampaikan aspirasinya melalui cara-cara yang tepat di era sekarang ini.

Informasi yang bersifat kontrol kepada pemerintah atau aspirasi bisa disalurkan, misalnya melalui media informasi yang disediakan pemerintah atau melalui surat kabar dan media massa lainnya.

“Tidak perlu takut lagi. Kalau ada yang tidak beres, bicaralah. Sebab kita sebagai masyarakat wajib mengontrol. Kalau diam nanti orang di Jakarta berpersepsi di Karimun tidak ada apa-apa dan aman-aman saja,” ujarnya pada acara pelatihan kehumasan bagi unsur masyarakat yang digelar Humas Setdakab Karimun di salah satu ruko di Tanjungbalai,

Binsar menggambarkan kondisi masyarakat yang mengerti informasi saat ini terbagi dalam tiga golongan. Pertama, ada orang yang berbicara dengan informasi yang benar dan untuk tujuan benar seperti untuk perbaikan pembangunan. Kedua, orang yang ingin tampil tapi tidak memiliki kapasitas yang mencukupi untuk menyampaikan informasi bagi orang banyak.

Dan terakhir, orang yang berbicara kepada orang banyak hanya karena ada maksud tertentu dan untuk kepentingan pribadinya saja. “Orang dengan type ini patut diwaspadai dan perlu diberikan arah cara yang benar dalam hal menggunakan informasi yang diperolehnya,” tambahnya. (poenk/trb)

Tidak ada komentar: