Senin, 28 Januari 2008

Bupati Resmikan 12 Kantor Lurah Senilai Rp 2,5 Milyar


KARIMUN EXPOSE - Warga yang ada dalam wilayah kelurahan yang ada di Kabupaten Karimun bisa tersenyum lega. Pasalnya, segala urusannya di pemerintahan kelurahan sudah semakin dekat dan representatif karena sebanyak 12 kantor lurah sudah selesai pembangunannya. Total pembangunan kantor lurah yang menelan angka Rp 2,5 miliyar lebih pada APBD 2007 itu sudah bisa digunakan setelah Nurdin Basirum meresmikan pemakaiannya, Selasa (22/1).

Secara simbolis bupati mersmikan 12 kantor lurah tersebut di pusatkan di kantor Lurah Teluk Air. Pemandangan kantor lurah Teluk Air yang ditunjuk sebagai perwakilan 12 kantor lurah yang diresmikan hari itu tampak begitu megah dari luarnya. Luasnya yang kira-kira 60 meter persegi ini dibangun CV Riau Abadi dengan nilai Rp 218 360 000. Halamannya luas tapi belum terdapat tanaman dan pagar. Halamannya juga masih bertanah dan belum diberi jalan berbentuk berbatuan.

Kontraktor tampaknya sudah memasang instalasi listrik di seluruh bagian ruangan kantor tersebut, tetapi sambungan listrik dari tiang listrik PLN belum tersambungkan secara resmi. Yang terlihat sambungan listriknya itu langsung tanpa melalui alat kilometer listrik. "Itu memang tidak ada di basetek-nya. Termasuk juga pagar-pagarnya," ujar Yan Indra menjawab pertanyaan wartawan perihal kekurangan kantor lurah tersebut.

Seorang tokoh masyarakat Kelurahan Teluk Air, Said Buchori yang didaulat memberikan sambutan pada acara tersebut turut mengucapkan rasa syukurnya. "Terima kasih kepada pemerintah, sekarang urusan warga kami sudah semakin mudah dan dekat," ujarnya yang disambut senyum sejumlah hadirin.

Walau Said mengakui senang dan bahagia kalau kelurahannya mendapatkan kantor baru, namun Said masih tampak belum puas dengan kondisi kantor yang belum berpagar. "Cantik sih cantik, tapi mohon dipagar pak. Ini belum ada pagarnya nih," ujarnya di atas podimun yang disambut riuh hadirin.

Hal senada diungkapkan H Ramli, Camat Buru yang salah satu kelurahannya mendapatkan kantor baru dari APBD 2007 tersebut. "Di sana juga sama, seperti yang bapak Buchori tadi bilang, alangkah baiknya kalau ade pagarnya, karena memang belum ada," ujarnya sambil nada gurau.

Dalam sambutannya Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Karimun, Yan Indra mengucapkan terimakasihnya atas kerja sama semua kontraktor selama ini, sehingga pekerjaan pembangunan kantor lurah tersebut terwujud dengan baik. "Terimakasih kepada para kontraktor semuanya. Tapi bagi yang menggunakan kantor ini bisa melaporkan ke saya kalau ada yang tidak beres, sebab masa perawatan masih ada enam bulan," ujarnya.

Yan Indra juga mengatakan kepada wartawan usai pelaksanaan peresmian tersebut, kalau pekerjaan proyek tersebut sudah sesuai prosedur dan sampai saat ini lancar-lancar saja. "Ini semua sudah melalui proses tender. Tahu tender, lelang, tahu kan lelang?" ujarnya dengan nada tinggi yang selanjutnya pergi meninggalkan wartawan untuk melaksanakan shalat Dzuhur. (poenk)

Tidak ada komentar: